Anti Ngantuk di Kelas

Happy 68th Independence Day of Indonesia sebelumnya :)
Pengen curhat + sharing nih...

Sekolah gua adalah sekolah yg bener bener menuntut siswanya untuk sibuk di malam hari. Tidur pun jadi kurang. Akhirnya di kelas tuh udah pasti banget ngantuk. Masa iya gua turutin tuh ngantuk? Ofc gua gak mau ketinggalan pelajaran gara-gara tidur di kelas. Akhirnya gua cari di google caranya biar gak ngantuk di kelas. Ehh ketemu tips dari suatu website yg asik buat di baca dan juga berguna. Gua copas ke sini ya?

Suara guru di kelas sering kali terdengar kaya dongeng pengantar tidur ya? Apalagi kalau semalam kurang tidur atau sudah perut sudah kenyang makan saat istirahat. Kalau sudah gitu penginnya tidur lelap, tapi apa daya masih jam pelajaran. Hi-hi-hi.

Walau yang namanya ngantuk di kelas itu susah buat dihindari, tapi setidaknya dengan terus aktif di kelas membuat rasa kantuk hilang.

Stay Active:

Mencatat atau membuat highlight
Biar pikiran dan tangan tetap sibuk, catat materi yang diterangkan guru. Biar enggak bosan buat catatan yang rapih dan bagus dengan menambahkan warna warni pakai spidol atau pewarna lainnya. Atau kalau enggak perlu mencatat, boleh membuat highlight di buku pelajaran dengan memberi warna yang lucu pakai stabilo, spidol atua bahkan pensil warna biar seru.

Tanya jawab
Saat guru menerangkan, coba buat lebih interkaktif dengan bertanya dan kalau bisa menjawab pertanyaan yang diajukan guru. Enggak usah jaim atau takut disebut sok rajin atau cari perhatian. Kalau memang enggak ngerti langsung tanyakan saja, asal bukan sesuatu yang enggak penting atau sudah dijelaskan. Dengan menjawab pertanyaan dari guru, otak kita jadi terus berpikir, jadi enggak ada kesempatan buat ngantuk.

Bikin kontak mata
Kalau situasi di kelas sepi, enggak ada salahnya bikin kontak mata dengan teman, dan senyum sebagai isyararat kalau kita lagi ngantuk banget. Lumayan bisa bikin segar.

Sedikit Diskusi
Biar lebih seru enggak ada salahnya mengomentari apa yang diterangkan guru dengan teman sebangku atau guru dan teman-teman sekelas. Jadi bisa lebih interaktif, asal jangan jadi keasyikan ngobrol dengan teman sebangku ya.

Stay Alive
Ajak tubuh kita bangun dengan cara:

1. Disko darurat, yaitu goyang-goyang kaki agar tetap terjaga
2. Tepuk atau cubit pipi biar tetap sadar
3. Kedi-kedip beberapa kali agar mata enggak lelah dan enggak sempat ngantuk.
4. Cuci muka, dengan air dingin bisa menyegarkan kembali mata dan pikiran kita.
5. Pijat bagian telapak tangan dibawah ibu jari dengan cukup keras.
6. Tarik nafas  dalam-dalam dan minum air putih agar ada oksigen masuk ke otak. Karena mengantuk biasanya disebabkan oleh kurangnya oksigen dalam otak.

(lisa/aisha, foto: realclearscience.com)

Sumber : http://www.kawankumagz.com/read/anti-ngantuk-di-kelas

Komentar

Postingan populer dari blog ini

One of Many Ways to Fulfill Your Dreams [Acer x Youthmanual Blog Competition]

Bizzare Thought

Story of My Sims (The Sims 4)