One of Many Ways to Fulfill Your Dreams [Acer x Youthmanual Blog Competition]

          Hai semuanyaaa. Blog ini sering banget kosong ya, padahal punya blog dari jaman 2010, sudah 7 tahun punya blog, eh makin kesini makin jarang blogging. Btw, gua sudah bebas dari aktivitas sekolah loh sekarang, tinggal tunggu wisuda~🙃 dan yak, akhir-akhir ini gua mengisi waktu dengan baca novel-novel thriller, nonton youtube make up tutorial/skincare routine, nonton youtube mukbang, main The Sims juga. Tapi main the sims di laptop gua yang sekarang ini terasa amat sangat lemot karena speknya sepertinya kurang mendukung untuk The Sims😭 makanya gua lagi ngincer laptop Acer Aspire E5-475G yang speknya pas buat segala macam hal termasuk main The Sims, soalnya RAM-nya sudah 4GB. Harddisk-nya sudah 1 TB. He he he. Lagipula laptop dengan kapasitas harddisk sebanyak itu pasti akan amat sangat berguna di kehidupan gua selanjutnya yang insyaAllah mau lanjut kuliah Langsung aja ya, let's go to the main topic.

source: http://wallpapersafari.com/

          Mimpi. Umumnya, semua orang pasti bermimpi punya kehidupan yang indah. But we still have to remember, that dreams never work unless you do. Sekarang, apa yang harus kita lakukan?
          Menurut gua sih, kehidupan yang indah itu adalah kehidupan yang membuat kita melakukan hal-hal asyik, menyenangkan, dan bermanfaat sesuai dengan kemampuan yang kita miliki, apalagi kalau ngerjainnya sambil dibayar😂. Pernah denger kan kutipan Joker dari film The Dark Knight? "If you good at something, don't do it for free". Nah, kurang lebih maksud gua begitu lah.
          Maka dari itu, kita harus tau nih, sebenernya apa sih kemampuan yang kita miliki? Apa hal yang enjoyable dan sesuai dengan kemampuan kita? Gimana cara menemukannya?Hal yang bisa dilakukan dan dapat menghasilkan uang sih, banyak. Tapi apakah itu enjoyable bagi kita? Apakah sesuai dengan kemampuan kita? Untuk menjawab semua pertanyaan itu, kita harus dapat mengenali potensi diri.
          Gimana tuh caranya? Gua pun sebagai anak yang baru aja lulus SMA dan sedang mencari-cari kuliahan, searching juga tuh, di google. Beberapa kali gua temuin cerita orang-orang salah jurusan saat kuliah. Ya gua gak mau lah bernasib sama. Hasil browsing itupun akhirnya membuahkan suatu kesimpulan, kalau kita harus milih jurusan yang sesuai dengan keinginan hati nurani, sesuai dengan kemampuan, sesuai dengan potensi kita sendiri. Tapi lagi-lagi gua bingung, emang potensi gua apa sih sebenernya? Dari SD, SMP sampai SMA gua gak ngerasa punya potensi apa-apa, gua gak ngerasa suka sama suatu pelajaran atau apa juga, tapi gua tau apa yang gak gua suka😅. Akhirnya browsing lagi dong, gimana cara tau potensi diri? Ketemu sama website website tes bakat lah, tes otak kanan kiri lah, tes kepribadian manusia lah. Gua coba-coba tuh, tapi kadang hasilnya gak memuaskan gua. Sampai akhirnya ketemu juga sama website nya youthmanual.
          Di website youthmanual ini, tesnya gak hanya satu macam kayak yang sebelumnya gua sebutin. Satu website isinya "tes kepribadian", atau satu website isinya cuma "tes bakat", enggak gitu. Tapi, disini ada alur tesnya. Jadi tiap tes ada hasilnya dan nantinya akan ada suatu hasil akhir yang akan muncul setelah kita melakukan seluruh alur tes yang telah disediakan di sini. Namanya "Peta perjalanan". Nih, deh, gua kasih tampilannya aja, ya.
source: youthmanual.com
          Gak hanya tesnya aja, hasil yang didapatkan juga dihubungkan dengan jurusan kuliah atau profesi. Jadi menurut gua sih, youthmanual ini sangat amat cocok untuk gua dan kalian yang sedang dihadapkan dengan pilihan-pilihan jurusan ataupun sekedar ingin mengetahui profesi yang cocok berdasarkan potensi diri. Gua jelasin satu persatu alur yang ada di website ini, ya:
  1. Pengenalan diri. Ya biasa lah ini mah, tulisin biodata umum kayak nama, ttl, status, dan lain-lain. 
  2. Modul kepribadian. Di sini hasilnya berupa tipe kepribadian menurut teori Myers-Briggs. Itu lho, yang ISFP, ENTJ, ISFJ, dll. Gak hanya itu, ada juga deskripsi kepribadian yang sebelumnya didapat menurut Myers-Briggs, super power kita, kelemahan diri, diri kita di lingkungan sosial, gaya belajar dan bekerja yang cocok untuk kepribadian kita, pilihan karir, tokoh yang memiliki kepribadian yang mirip dengan kepribadian kita, dan fun facts tentang kepribadian kita.
  3. Modul minat. Seinget gua sih di modul ini kita bakal disodorin berbagai macam aktivitas, dan kita tinggal centang-centangin hal yang kita minat dan hal yang kita suka. Hasilnya bakal dijumlah masing-masing minat kita di bidang analisis, administrasi, sosial, persuasi dan kepemimpinan, kerja kreatif, dan kerja lapangan.
  4. Modul gaya belajar. Kita bakalan disuruh milih suka belajar dalam keadaan apa, dalam gelap atau terang, siang atau malam, informal atau formal, perlu bimbingan atau enggak, dan masih banyak lagi. Nanti dari hasilnya akan kelihatan detail dari gaya belajar yang bisa membuat kita nyaman.
  5. Modul kemampuan. Kalau yang ini, tesnya semacam tes potensial akademik (CMIIW). Di sini akan di tes kemampuan kita dalam mengambil keputusan dengan pola ataupun fakta. Ada pula logika matematika, membayangkan bentuk 3 dimensi, kecepatan dan ketelitian, dan yang terakhir yaitu memahami bacaan. Kalau menurut gua sih, ini tes yang paling lumayan meres otak😛 sampai dikasih break time 5 menit di pertengahan tesnya.
  6. Personal values. Ada beberapa poin dalam tes ini, satu poin berisi 2 pilihan yang berhubungan dengan kehidupan dan kita harus jawab salah satu. Dari pilihan yang telah kita buat, akan terlihat nilai nilai yang dominan dalam kehidupan kita.
  7. Beberapa fitur yang masih coming soon, antara lain: 
    • Ukur tingkat keterampilan menghadapi tantangan abad 21
    • Eksplor kegiatan ekstrakurikuler
    • Eksplor hobimu
    • Mulai memasukkan nilai rapot dan akademis
    • Eksplor 3 bidang jurusan kuliah
    • Bandingkan 5 jurusan kuliah
    • Diskusi awal tentang jurusan kuliah bersama orang tua, guru BK, dan kakak kelas
    • Baca checklist persiapan kuliah
    • Berikan ranking pada jurusan kuliah yang diminati
    • Bandingkan 5 profesi
    • Diskusi awal tentang profesi yang diminati bersama orang tua dan guru BK
    • Eksplor kriteria dalam memilih kampus yang cocok
    • Bandingkan 5 kampus
    • Cari tahu tentang informasi pendaftaran dan jadwal test masuk kampus
    • Mulai cari referensi untuk melakukan kunjungan kampus
    • Diari hasil kunjungan kampus
    • Berikan ranking pada pilihan kampus yang cocok
    • Diskusi perencanaan kuliah dan masa depan dengan psikolog
    • Cari informasi tentang biaya kuliah
    • Eksplor College and Career Readiness Handbook
    • Eksplor artikel lainnya di youthmanual
    • Jurusan kuliah dan kampus yang dipilih
          Lengkap banget, kan? Makanya, di awal juga sudah gua bilang, youthmanual ini emang pas banget buat yang ingin menata kehidupan dan masa depan yang indah. Hehe. Dan walaupun coming soon, kita masih dapat melanjutkan ke alur yang selanjutnya yaitu eksplorasi profesi, jurusan, dan kampus. Di sinilah keseluruhan hasil tes digabungkan menjadi satu kesimpulan profesi, jurusan, dan kampus yang cocok untuk kita.
          Untuk kalian yang kepepet harus banget nentuin pilihan sekarang juga, menurut gua sih bisa-bisa aja melakukan alur yang coming soon ini sendiri, kita research sendiri, browsing sendiri. Gak ada salahnya, kan?😊
          Dengan fitur sebanyak ini, gua makin ngerasa hasil yang ditampilkan youthmanual akan amat sangat akurat karena mereka memberikan hasil dengan berbagai macam aspek. Dari minat iya, kepribadian iya, dari kemampuan juga iya. Jadi ya gak hanya menilai dari satu sisi lah intinya.
          Oh iya, by the way, beberapa fitur yang terdapat pada website youthmanual hanya bisa diakses untuk mereka yang terdaftar di paket premium youthmanual (EXPLORER) yang bisa didapatkan seumur hidup dengan hanya mengeluarkan uang sebanyak Rp. 79.000,- ataupun mengundang 25 temanmu untuk join youthmanual, dengan cara menekan tombol "Menu" → "Referral" dan menyebarkan link referral yang terdapat di website youthmanual. Tapi kita tetap bisa menggunakan fitur lainnya hanya dengan daftar di website youthmanual ini secara gratis. Mudah banget, kan?
          Dengan cara-cara yang telah gua sebutkan tadi, kita langsung bisa mendapatkan berbagai macam bimbingan untuk mengenal potensi diri kita lebih dalam. Selain itu, terdapat berbagai macam artikel menarik dan seru dalam website youthmanual ini, gua sendiri juga sering kok baca baca artikel mereka, jarang-jarang gua menemukan website yang bikin gua betah berlama-lama baca artikelnya😻👍
          Sekian dari gua, semoga kalian benar-benar bisa menemukan potensi diri kalian masing-masing ya dengan bantuan youthmanual ini. Semoga dengan mengenali potensi diri masing-masing, kita semua bisa mencapai kehidupan yang indah; melakukan hal yang menyenangkan, bermanfaat dan tetap dapat menghasilkan uang😂✨

[Acer x Youthmanual Blog Competition]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bizzare Thought

kecewa gara-gara game